BLOG

Home / Blog / 3 Pertimbangan Penting saat Memilih Software Akuntansi Online

3 Pertimbangan Penting saat Memilih Software Akuntansi Online

Software akuntansi online – Hal-hal yang fundamental dalam bisnis properti sangat banyak. Mulai dari sumber daya manusia (SDM), proses produksi, marketing, hingga pencatatan keuangan.

Jika satu saja bagian fundamental tersebut dieliminasi, maka operasional bisnis pasti berantakan. Misalnya bagian pemasaran yang dieliminasi, maka  hanya bisa berproduksi nunit rumah atau apartemen. 

Unit  yang diproduksi pun sulit dipercaya konsumen karena tidak ada tim pemasaran. Begitu juga ketika tim akuntan dieliminasi, tentu pencatatan keuangan bakal amburadul.

Pembukuan uang kas masuk dan keluar tidak teratur. Kemudian tidak ada hitungan perkiraan modal yang harus ditanam supaya bisnis tetap tumbuh di masa depan.  

Jadi hal-hal fundamental tersebut saling terkait atau terintegrasi.  Nah di era 4.0 kini pencatatan keuangan atau akuntansi bisa online. Jadi pengusaha properti bisa efisiensi dalam penggunaan SDM. 

Namun pengusaha properti harus hati-hati dalam memilih software akuntansi online. Berikut pertimbangan penting saat memilih software akuntansi online bagi pebisnis properti

Pilih Software yang Responsif

Sistem akuntansi online harus mudah digunakan. Setidaknya sistem akuntansi yang dipilih punya desain UI/UX yang user friendly. 

Operasi navigasinya mudah dan cepat, meskipun digunakan oleh orang awam akuntansi.  Kemudian memiliki karakter responsif ketika dibuka di laptop, PC, atau smartphone. 

Satu lagi semua laporan keuangan tertata dengan rapi dalam satu dashboard yang navigasinya mudah dioperasionalkan. 

Hal ini penting banget agar proses cek laporan keuangan, memantau arus kas, dan akses informasi keuangan tidak ribet serta bisa lebih cepat.

Bersifat Kustom

Setiap bisnis punya karakter masing-masing dalam penggunaan sistem akuntansi. Misalnya tidak semua perusahaan mematok kas kecil di bawah Rp 10 jutaan. 

Mungkin ada juga perusahaan yang mematok dana kas kecil di bawah Rp 50 jutaan. Kemudian penyusunan beban penyusutan  setiap perusahaan juga memiliki ketentuan masing-masing. 

Ada yang menggunakan pendekatan penyusutan  garis lurus, penyusutan beban menurun, dan biaya penyusutan jumlah angka tahun. 

Alhasil ketika perusahaan memiliki prinsip atau karakter yang berbeda-beda tentang keuangan mahaka harus cerdas memilih sistem akuntansi online yang bersifat kustom. 

Lebih singkatnya, sistem akuntansi online bisa dimodifikasi sesuai standar keuangan yang dipegang oleh perusahaan.  Jadi pilihlah sistem akuntansi yang  bisa memberikan pelayanan modifikasi akun. 

Software Sistem Akuntansi yang Terintegrasi

Saat menggunakan jasa software akuntansi online, pastikan bahwa software akuntansi terintegrasi dengan banyak fitur. 

Jadi saat menggunakan jasa software akuntansi, jangan hanya memilih software yang mencatat arus masuk, keluar, laporan laba rugi, penghitungan penyusutan, dan  laporan keuangan saja. 

Akan tetapi gunakan software akuntansi yang terintegrasi dengan fitur stock opname, inventory, dan lainnya.

Jadi fitur yang bisa digunakan sangat banyak. Alhasil semua hal terkait keuangan bisa dicatat dengan baik dan ada historinya. 

Nah ERP360 kini menyediakan software akuntansi online khusus untuk pebisnis properti. Semua akun yang disiapkan sesuai dengan kebutuhan  pebisnis properti. 

Jadi pencatatan keuangan bisnis properti bakal lancar dan juga aman. Software akuntansi online ERP360 juga terintegrasi dengan banyak fitur.  Seperti fitur stock opname, inventory, dan lainnya.  

Di sisi lain, software akuntansi spesial buat pebisnis properti ini juga punya UI/IX yang bagus dan user friendly. Kemudian bisa di-custom ketentuan akunnya sehingga fleksibel sesuai kebutuhan. 

Jadi buat pengusaha properti, yuk gunakan software akuntansi online ERP360 dengan menghubungi kami. (As)

floatingwa