BLOG

Home / Blog / Deretan Manfaat Laporan Perubahan Modal Bagi Pebisnis

Deretan Manfaat Laporan Perubahan Modal Bagi Pebisnis

Laporan Perubahan Modal – Dalam segala bisnis, kondisi keuangan adalah jantung bisnis. Jika kondisi keuangan bagus dan mencukupi operasional bisnis maka bisnis berpeluang untuk berkembang. 

Sebaliknya, jika kondisi keuangan bisnis sedang redup bahkan minus, maka peluang bisnis gulung tikar juga tinggi.

Oleh karena itu, sangat penting memperhatikan kondisi keuangan bisnis. Jadi harus pasang tim akuntan yang memiliki integritas. 

Kapan pun butuh laporan keuangan bisnis bisa disajikan dengan baik. Apalagi disertai dengan rasio keuangan meliputi  return on asset (ROA) dan return on equity (ROE). 

Rasio ROA ini menghitung seberapa profit bisnis dibandingkan dengan tingkat asetnya.  Caranya dengan membandingkan tingkat laba bersih dengan total aset.

Semakin tinggi nilai ROA merupakan cerminan penggunaan aset produktif dalam menghasilkan laba bersih. 

Sementara ROE menghitung seberapa profit bisnis terhadap tingkat modal atau ekuitas. Semakin tinggi nilai ROE maka berarti mencerminkan tingkat penggunaan modal dalam menghasilkan laba bersih efisien.

Nah yang tidak kalah penting lagi adalah pencatatan laporan perubahan modal. Biasanya hal ini akan dilaporkan oleh akuntan.

Apa Itu Laporan Perubahan Modal

Secara sederhana, laporan perubahan modal adalah laporan yang menyuguhkan secara rinci perubahan modal inti bisnis. 

Secara akuntansi, laporan perubahan ini memuat banyak akun. Mulai dari akun modal awal, tingkat laba atau rugi, dan prive dalam periode akuntansi tertentu.

Jika bisnis mengalami profit maka modal awal akan ditambah dengan tingkat profit. Alhasil modal akan bertambah. Hal ini tentu akan memperkuat entitas bisnis. 

Dengan modal yang bertambah maka bisnis bisa melakukan ekspansi. Ditambah lagi, modal yang kuat juga mendorong entitas bisnis lebih kuat dalam menghadapi risiko pasar atau risiko operasional.

Sebaliknya, jika perusahaan dalam periode tertentu mengalami rugi maka modal berkurang. Modal yang dimiliki pun semakin berkurang. 

Bahkan ketika tingkat kerugian terlalu besar, maka modal bisa berkurang drastis. Alhasil bisnis bisa gulung tikar. 

Kalaupun tidak gulung tikar, dengan modal yang kecil tentu bisnis hanya bisa berjalan pelan. Sulit ekspansi.  Kecuali mau cari pembiayaan dari pihak lain untuk menambah modal. 

Manfaat Laporan Perubahan Modal Bagi Pebisnis

Dengan cek laporan perubahan modal ini, maka akan didapat banyak sekali manfaat. Nah berikut penjelasan lengkap manfaat laporan perubahan modal. Yuk simak dan bagikan sekarang juga. 

Bahan Evaluasi Bisnis

Salah satu manfaat laporan perubahan modal adalah sebagai bahan evaluasi bisnis. Anda sebagai pemegang kebijakan atau owner akhirnya tahu apakah modal berubah negatif atau positif. 

Jika negatif tentu bisnis tidak menghasilkan profit. Tentu harus dicari tahu apa faktor bisnis tidak menghasilkan profit. 

Apakah barang yang dijual tidak punya kualitas? Apakah persaingan di pasar sangat ketat dan lain sebagainya. 

Nah ketika perubahan modal jadi positif atau bertambah, maka bisnis punya prospek. Alhasil bisa diambil keputusan untuk ekspansi bisnis. 

Informasi Bagi Investor

Manfaat laporan perubahan modal selanjutnya adalah sebagai sumber informasi bagi para investor. Dengan begitu, investor bisa mengambil keputusan yang tepat.  Mau melanjutkan investasi atau tidak. 

Nah buat pebisnis yang ingin laporan keuangan secara riil termasuk laporan perubahan modal, pakai saja sistem akuntansi online ERP360.

Sistem akuntansi online ERP360 membantu memudahkan pembukuan, mencatat laporan arus kas masuk dan keluar, serta laporan keuangan secara real time. Yuk pakai software akuntansi online untuk laporan perubahan modal dengan menghubungi kami. (AS)

floatingwa